Home » Kesehatan » Breathing Exercise buat ibu hamil
breathing exercise for pregnancy

breathing exercise for pregnancy

Breathing Exercise buat ibu hamil

Pengertian Breathing Exercise adalah latihan teknik pernafasan untuk membantu mengelola rasa sakit saat melahirkan. Biasanya itu diajarkan di kelas senam hamil, hal ini untuk menghindari lepas kontrol dengan berteriak-teriak enggak jelas di saat melahirkan. Sebisa mungkin hal ini diantisipasi dan ibu bisa tetap fokus melahirkan.

Latihan pernapasan tidak hanya untuk tenaga kerja, mereka dapat membantu Anda selama masa kehamilan dengan memberikan Anda waktu untuk berkumpul kembali, berhubungan dengan perasaan Anda dan fokus pada bayi Anda berkembang. Dan, setelah Anda memiliki bayi, bernapas latihan Anda pelajari saat hamil akan berguna ketika Anda akan selalu perlu untuk bersantai.

Pengertian Breathing Exercise secara umum

Pengertian Breathing Exercise adalah suatu metode latihan pernapasan yang dilakukan dengan type tertentu, untuk tujuan tertentu serta diaplikasikan pada kondisi tertentu pula. Breathing exercise yang dimaksud di sini adalah force passive breathing exercise yaitu suatu bentuk latihan napas yang dalam pelaksanaannya sering dilakukan bersamaan dengan postural drynage atau dilakukan dalam sesi tersendiri, dimana saat akhir dari ekspirasi diberikan suatu penekanan dengan arah sesuai dengan gerakan segmen thorak saat ekspirasi dan saat inspirasi tekanan dihilangkan namun tangan fisioterapist tetap menempel pada segmen dinding thorak tersebut dan mengarahkan gerakan sesuai gerakan segmen dinding thorak tersebut saat inspirasi.

Dengan breathing exercise ini akan dapat menurunkan udara residu dan mengefektifkan kerja dari otot-otot pernapasan sehingga dapat memperbaiki ventilasi paru yang menurun pada penderita asma bronkhiale. Jika ventilasi baik maka akan dapat menghasilkan batuk yang efektif. Jika batuk efektif maka mucus akan mudah untuk di keluarkan, jika mucus keluar maka saluran napas bersih, dan jika saluran napas bersih maka frekuensi batuk akan menurun.

Yoga
Banyak wanita ikut yoga saat mereka hamil untuk kedua latihan dan kontrol napas. Yoga mengajarkan Anda bagaimana untuk fokus, berkonsentrasi, membangun stamina dan bernapas berirama – semua keterampilan yang berguna untuk persalinan. The pernapasan yoga teknik, Ujjayi breathing mengajarkan Anda untuk menarik napas melalui hidung sampai paru-paru penuh, dan kemudian buang napas sepenuhnya. Ujjayi breathing mengajarkan Anda bagaimana untuk tetap tenang dan rileks, yang membantu tubuh Anda memproduksi oksitosin, hormon yang membuat kemajuan persalinan.

Sesak Nafas
Beberapa wanita mengalami kesulitan bernafas selama kehamilan karena peningkatan progesteron atau karena bayi, terutama pada trimester ketiga, adalah meletakkan tekanan pada diafragma. Ini biasanya normal, tetapi periksa dengan dokter Anda jika Anda mengalami kesulitan bernapas, terutama jika kesulitannya adalah mendadak dan berat, untuk menyingkirkan sesuatu yang lebih serius. Jika Anda kesulitan bernapas karena tekanan bayi Anda menempatkan pada Anda, duduk tegak daripada membungkuk untuk memberikan paru-paru Anda sebagai ruang sebanyak mungkin. Tidur disangga, dan sisanya pada siang hari ketika Anda merasa terlalu lelah.

Lamaze-Style Breathing

Lamaze kelas mengajarkan Anda dan pasangan Anda bagaimana untuk mendapatkan hasil maksimal dari pernapasan Anda ketika tenaga kerja dengan mengajar pernapasan sadar dan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk menghindari tegang atau menahan napas Anda. Ketika Anda fokus pada pernapasan Anda – sadar itu – nyeri persalinan tidak fokus. Sadar bernapas juga memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan cukup oksigen.

Setiap jenis pernapasan yang membantu Anda adalah apa yang harus Anda lakukan. Kadang-kadang lambat, pernapasan dalam membantu Anda merasa lebih santai dan membantu Anda melewati kontraksi. Ketika kontraksi mendapatkan lebih intens, pernapasan lambat tidak mungkin melakukan trik. Cobalah gaya terengah-engah, mengatakan “hee-hee” dengan napas masing-masing.

Metode lainnya Breathing Exercise buat ibu hamil

Teknik Alexander berfokus pada ibu berjalan-jalan dan bergerak selama persalinan, yang melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan kapasitas pernapasan. Memodifikasi gerakan Anda dapat membantu pernapasan Anda. Metode Bradley menekankan latihan dan nutrisi yang tepat selama kehamilan Anda. Metode ini juga mengajarkan teknik-teknik relaksasi untuk manajemen nyeri, termasuk pasangan Anda sebagai pelatih Anda, menghambat obat penghilang rasa sakit dan mengajarkan Anda bagaimana untuk menyusui.

Cari Kelas
Anda dapat menemukan kelas melahirkan yang mengajarkan teknik pernapasan dengan meminta dokter Anda atau teman Anda. Sebagian besar rumah sakit baik menawarkan kelas atau dapat menyediakan Anda dengan daftar tempat-tempat yang melakukan.