Home » Melahirkan » Persiapan Melahirkan
persiapan melahirkan normal

persiapan melahirkan normal

Persiapan Melahirkan atau tips Persalinan melahirkan anak pertama merupakan ujung dari proses bagi seorang ibu yang telah menjalani proses kehamilannya selama kurang lebih 9 bulan. Berikut ini tips persiapan sebelum melahirkan

  • Tanyakan pada bidan atau dokter tanggal perkiraan persalinan
  • Suami atau keluarga mendampingi ibu hamil saat periksa
  • Siapkan tabungan untuk biaya persalinan
  • Suami, keluarga, dan masyarakat menyiapkan kendaraan jika sewaktu-waktu di perlukan
  • Rencanakan melahirkan di tolong bidan atau dokter di fasilitas pelayanan kesehatan
  • Siapkan orang yang bersedia menjadi donor darah jika sewaktu – waktu di perlukan

Perawatan sehari hari ibu hamil

  • Mandi 2 kali sehari dengan sabun
  • Gosok Gigi setelah sarapan dan sebelum tidur
  • Boleh melakukan hubungan suami istri
  • Tanyakan pada petugas cara yang aman
  • Kurangi kerja berat
  • Istirahat berbaring minimal 1 jam di siang hari. Posisi tidur sebaiknya miring
  • Sebaiknya ibu tidur pakai kelambu, jangan memakai obat nyamuk bakar atau semprot

Berikut ini adalah persiapan melahirkan anak pertama untuk ibu yang baru mengalami kelahiran anak pertama

Mental

Dengan persiapan mental yang baik maka akan terbantu saat proses persalinan yang melelahkan, terutama bagi ibu baru.

Pengetahuan

Dengan pengetahuan yang benar, Anda bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan tahu mana yang benar dan tidak. Anda bisa berdiskusi dengan dokter kandungan atau mencari tahu tentang proses persalinan agar Anda tidak kaget ketika dokter melakukan pemeriksaan bagian dalam, mengecek pembukaannya, memeriksa kondisi bayi, denyut jantung ibu dan bayinya, dan lain-lain.

Antenatal Care

Rajinlah melakukan antenatal care atau pemeriksaan selama kehamilan dengan benar dan tepat, karena Kadang-kadang saat persalinan dokter juga menemukan adanya komplikasi (yang tidak terdeteksi). seharusnya komplikasi tidak sampai terjadi atau terdeteksi lebih awal jika ibu hamil rutin melakukan antenatal care.

Manfaat antenatal care adalah Anda akan diberikan pembelajaran bagaimana persalinan yang benar. antenatal care juga memelajari soal diet pada ibu hamil, latihan bernapas pada persalinan, s3xual intercourse, serta bahaya merokok, obat-obatan terlarang, alkohol, dan lainnya.

Belajar Pernapasan

Untuk menahan rasa nyeri selama proses persalinan anda dapat Belajar Pernapasan atau breathing exercise . Biasanya itu diajarkan di kelas senam hamil. Jika saat itu si Ibu tetap tidak bisa menahan rasa sakit, maka dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit dengan cara menyuntikkannya.

Dukungan Moral

Cari dukungan moral dari suami, ibu, saudara perempuan, teman, atau yang lainnya. Dukungan ini akan sangat Anda butuhkan selama proses berlangsung.

Perlengkapan Bayi

Siapkanlah secukupnya perlengkapan bayi sebelum proses melahirkan tiba, sebagai contoh saja popok, pakaian, selimut, botol susu, perlengkapan mandi, obat-obatan khusus bayi, dan lain-lain.

ASI

ASI memang susu terbaik bagi bayi usia 0-2 tahun, tetapi tidak sedikit pula wanita yang kesulitan mengeluarkan ASI. Solusinya sebaiknya tanyakan hal ini kepada dokter atau konsultan laktasi.